Selasa, 03 Januari 2012

Tips Menghemat BBM

Meningkatnya harga bahan bakar minyak yang non subsidi membuat banyak orang berusaha untuk menghemat bahan bakar yang dikonsumsi oleh kendaraan. Apalagi timbul wacana bahwa pembatasan ataupun tidak bolehnya pemakaian bahan bakar minyak yang bersubsidi. oleh karena itu saya akan memberikan beberapa tips singkat tentang cara menghemat bahan bakar mulai dari teknis kendaraan kesayangan sampai cara mengemudi yang go green. Berikut beberapa tips nya.

1. Perawatan Rutin Mesin
Jika mesin mobil tidak sehat, tentunya akan membuat mesin mobil anda tidak bekerja secara prima. Hal ini dapat membuat tenaga yang dihasilkan oleh mesin mobil anda terasa berat untuk berakselerasi. Ujung-ujungnya akan memboroskan konsumsi bahan bakar minyak pada mobil anda.

2. Memakai Oli Jenis Sport
Pemakaian oli jenis sport pada mesin kendaraan anda mempunyai efek kepada mesin agar mesin bekerja lebih enteng. Efek dari kerja mesin enteng akan menambah tenaga mobil anda. Selanjutnya, efek dari kerja mesin lebih enteng akan membuat konsumsi bahan bakar minyak pada kendaraan anda lebih irit.

3. Knalpot Standar
Pergantian knalpot standar ke knalpot berjenis free flow akan mengakibatkan efek boros bahan bakar minyak, karena knalpot berjenis free flow tidak mempunyai sekat di dalam tabung itu sendiri. Sedangkan knalpot standar dari pabrikan mempunyai sekat yang memang sudah dihitung oleh pabrikan itu sendiri. Solusinya, gunakan knalpot yang biasa atau standar dari pabrikan. Ini dapat membuat mobil anda akan tetap irit.
Selain itu ada beberapa cara untuk menghemat bahan bakar pada mobil anda dengan cara mengemudi yang tepat. Berikut ini adalah tips nya.

4. Hindari Putaran Mesin Yang Tinggi
Pada saat berkendara, usahakan maksimal putaran mesin adalah 3000 RPM. Sebisa mungkin perpindahan perseneling tepat pada waktunya. Hal ini dapat membantu menghemat bahan bakar minyak pada kendaraan anda.

5. Jangan Menggunakan Air Conditioner Di Tingkat Tertinggi
Penggunaan Air Conditioner di tingkat tertinggi akan membuat pemborosan konsumsi bahan bakar minyak yang sangat boros, karena jika pada saat A/C di tingkat tertinggi akan membuat kompresor A/C hidup lebih lama dibandingkan di tingkat normal. Jika kompresor hidup lebih lama, otomatis mesin bekerja lebih berat.Jadi gunakan sebijak mungkin dalam pemakaian A/C.

6. Jangan Boros Listrik Pada Kendaraan
Boros listrik pada kendaraan bisa diartikan dengan penambahan audio system yang berlebihan. Bisa juga diartikan dengan mendengarkan lagu di tingkat volume maksimal, atau juga menyalakan layar pada head unit yang mempunyai LCD tanpa ditonton. Intinya gunakan seperlunya saja.

7. Perhatikan Tekanan Angin Pada Ban
Jika tekanan ban pada kendaraan mengalami kurang angin, akan membuat traksi ban pada aspal meningkat. Tetapi ada efek sampingnya juga yaitu mesin akan bekerja lebih berat, dan berefek konsumsi bahan bakar minyak menjadi lebih boros. Usahakan periksa tekanan angin ban agar tetap normal. Gunakan juga ukuran ban yang ditetapkan dari pabrikan.

8. Akselerasi dan deselerasi adalah hal yg paling dominan dalam menghemat BBM. Upayakan tidak melakukan akselerasi dan deselerasi secara mendadak. Injak pedal gas dgn perlahan, jgn menghentak. Demikian pula saat melepas pedal gas.

9. Untuk berkendara jarak jauh, upayakan pada kecepatan jelajah secara konstan. Masing- masing mobil memiliki kecepatan jelajah (cruising speed) sendiri tergantung dari tenaga mesin dan ratio giginya. Pada bbrp mobil mewah tersedia indikator konsumsi BBM shg dgn mudah kita bisa tahu pada RPM dan kecepatan brp konsumsinya paling irit. Ada pula mobil yg dilengkapi tombol cruising speed. Tapi sebagai patokan kecepatan jelajah itu pada RPM 2500 - 3500 pada gigi tertinggi, dgn kecepatan sekitar 90 - 110 km/jam. Tanpa tachometer, kita masih bisa merasakan kecepatan jelajah kalau kita sdh mengenal karakter mobil kita. Pada gigi tertinggi dimana suara mesin paling "sunyi" tapi masih ada tenaga ketika pedal gas diinjak lbh dalam, itulah kecepatan jelajah.

10. Antisipasi kondisi lalu lintas di depan. Apabila ada hambatan (mis traffic light) di depan kita lbh baik kita mengurangi kecepatan secara gradual. disamping hemat BBM juga hemat sepatu rem. Ingat hukum kekekalan energi, sayang kan kalau energi mesin kita terlalu banyak dipakai untuk memanaskan piringan rem, alih untuk menghasilkan daya dorong buat mobil kita. Disamping itu menjalankan mobil dari posisi diam akan lbh boros BBM daripada dari posisi berjalan pelan (roda masih menggelinding).

11. Kenali jalan dan kondisi lalu lintas. Pada kondisi jalan di kota besar spt Jakarta dimana sering terjadi kemacetan, mengenal jalan Alternatif sudah merupakan suatu keharusan. Di samping hemat waktu juga hemat BBM. Ingat, kondisi "stop and go" sangat menguras konsumsi BBM. Lebih baik memutar 2-3 km lbh jauh tapi bebas macet daripada terjebak dlm antrian kendaran yg beringsut pelan. Mesin hidup dlm kondisi diam pun mengunakan BBM. Pada mobil biasa, 45 menit idle menghabiskan 1 liter BBM.

12. Jangan memanaskan mesin mobil terlalu lama di pagi hari, apalagi sambil menghentak pedal gas sampai mobil me-raung. Mobil sekarang sudah modern sistem pelumasannya, demikian pula teknologi minyak pelumas. Cukup panasi mesin mobil sekedarnya asal putaram mesin sdh stabil. Unt mobil bensin biasanya tdk sampai 5 detik putaran mesin juga sdh stabil. Setelah itu jalankan mobil dgn RPM rendah (1500-2000 RPM) pada gigi rendah selama kurang lebih 5 menit. Jadi sambil jalan sambil kita panaskan mesin. Baru setelah itu mobil bisa dikendarai dgn biasa pd kecepatan normal. Lumayan cara ini bisa menghemat 2-3 liter BBM per bulan, daripada manasin mesin sambil mobil diam. Dijamin tdk merusak mesin mobil krn saya sdh praktekan cara ini selama 20 thn tanpa pernah ada masalah mesin ancur.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar